Bukan Nicholas :D

Archive for May 1st, 2012|Daily archive page

Skip Ajah..

In Randomized on May 1, 2012 at 13:11

Saya pengen curhat.. Yang gag mau membuang-buang waktu silahkan dilewati saja. ūüėÄ

Dari jaman dulu kala, saya punya mimpi ingin jadi penulis. Demi memuaskan pengetahuan saya tentang dunia tulis menulis, saya pernah ikut-ikut organisasi jurnalis di kampus. Saya punya draft-draft fiksi yang tercecer di kertas-kertas usang atau di file-file Ms.word yang akhirnya hilang karena beberapa kali ganti hardisk. Waktu itu saya belum mengenal dunia blog (maklum di kampung).

Setelah mengenal dunia blog (kalau tidak salah tahun 2009), saya dengan tidak tau malunya mempublish¬†tulisan-tulisan sederhana saya. Waktu itu hanya berupa puisi norak. Tidak ada yang koment ataupun memafollow¬†blog saya, saya pun yakin teman-teman saya tidak ada yang mengetahui keberadaan blog saya apalagi dengan ID yang amat sangat tersamar ūüėÄ . Ternyata saya salah, mereka diam-diam menjadi¬†silent reader,¬†karena beberapa di antara mereka mengaku sudah berkunjung ke lapak saya walau tidak meninggalkan jejak. Betapa saya berterima kasih dengan dunia perblog-an ini.

Tetapi….., daripada menjadi penulis ternyata saya lebih menyukai menjadi pembaca atau penikmat tulisan. Salah satu buktinya, Karya tulis yang menjadi syarat kelulusan saya tidak juga selesai.¬†Bukankah untuk pandai menulis kita harus menyukai membaca terlebih dahulu..?? Ternyata kemampuan menulis saya masih nol besar, bahkan untuk sekedar mengomentari tulisan seseorang maka jadilah saya juga sebagai¬†silent reader. Hihihi.. Tentunya karya-karya yang saya nikmati itu, menjadi sumber inspirasi, menjadi bahan belajar, menjadi catatan saya untuk dipelajari kembali.

Nah, kalo pelajaran di kelas kita mencatat di buku tulis, karena saya belajar dengan media blog maka saya me-reblog.¬†Saya bukanlah orang yang meng’haram’kan kutip mengutip, membuat karya ilmiah yang formal saja diperbolehkan mengutip, tetapi saya tidak membanggakan karya tersebut dengan seolah-olah mengakuinya sebagai karya saya. TIDAK..!! Saya membanggakan penulis/sumber tulisan dengan mencantumkannya. Jika saya menemukan tulisannya dari milis atau antah berantah, saya cantumkan sebagai Anonim/Unknown atau di “about” blog tersebut sudah saya jelaskan bahwa tulisan yang saya¬†publish¬†tersebut bukan karya saya (biasanya tulisan-tulisan ini saya kelompokkan dalam blog tersendiri terpisah dengan blog tulisan karya saya sendiri). Itulah kenapa saya sangat menyukai Twitter dan Tumblr, yang secara otomatis mencantumkan sumber reblog.¬†Apakah saya salah karena me-reblog¬†tulisan-tulisan tersebut..?? Bukankah dengan mereblog karya mereka saya telah membantu menyebarluaskan kemampuan menulis mereka kepada orang lain..??

Kemudian, ulah saya di atas menyudutkan saya dengan predikat “Plagiat”. Beberapa pengunjung blog saya, si silent reader itu, menuduh bahwa “karya yang saya tulis sendiri” adalah hasil¬†copas-an saja (sudah saya jelaskan bahwa blog kumpulan catatan¬†blogwalking¬†dengan blog karya saya “biasanya” terpisah). Saya sampai memintanya menunjukkan kepada saya sumber lain yang mempublish tulisan yang sama dengan tulisan yang saya¬†klaim¬†sebagai tulisan saya tersebut, tetapi waktu itu diabaikannya.

Lalu, baru saja saya iseng menggugling tulisan yang saya ikutsertakan di Writing Competition kemarin, daaaaann saya menemukan link yang bukan milik saya. Awalnya saya tersenyum karena tulisan saya yang sederhana dan juga tidak menang itu disukai oleh orang lain. Senyum yang sempat tersungging itu menjadi tak berekspresi ketika melihat tulisan di link tersebut tidak mencantumkan apa-apa tentang sumbernya (saya). ¬†Akhirnya saya sukses manyun karena link tersebut terpublish di tanggal yang sama dengan waktu saya mempublishnya di Ngerumpi.com ini. Menjadi semakin ranculah siapa yang mengkopi siapa. Huufftt…!!

