Bukan Nicholas :D

Indahnya TeguranMu

In Randomized on May 18, 2012 at 13:17

VC, begitu inisial sahabat saya semasa masih duduk di bangku SMP dulu. Saya sedang berusaha mengumpulkan kembali detail-detail ingatan saya pada masa-masa itu. Dia anak yang sangat periang, ramah, baik hati, sederhana dan pintar, selalu ranking 1 di kelas. Penampilannya tomboy, dengan rambut pendek sebahu, terlihat manis dengan lesung pipinya. Dia juga umat Protestan yang taat (menurutku). Sehari-harinya ke sekolah, saya sering melihatnya membawa Kitab Sucinya. Serasa masih teringat jelas bentuk Kitab itu di benak saya. Daripada terkesan religi, dia memberi kesan kitab itu sebagai sebuah buku yang lucu dan menarik. Saya tidak paham isinya, tetapi bentuknya sungguh unik menurut saya ketika itu. Kitab itu disampul dengan sampul berbahan kain bermotif bunga (kalo gag salah) berhiaskan aplikasi dg bentuk yg lucu, lalu di dalamnya terdapat beberapa pembatas buku beraneka bentuk, lucu, dengan pita menjuntai keluar dari Kitab tersebut. Setiap orang yang melihatnya, pasti akan tertarik untuk sekedar melihat atau memegangnya. Dan itulah kali pertama saya menyentuh Kitab Suci selain Al-Qur’an.

Sewaktu akan naik ke kelas 3 SMP, saya berpisah dengannya karena dia kemudian pindah ke Jombang. Awal-awal kepindahannya, kami masih bertukar kabar, bersurat-suratan lewat pos (waktu itu saya masih tinggal di rumah dinas yang tidak memiliki telepon). Setiap lebaran atau ultah, dia mengirimi saya kartu ucapan. Begitu pula sebaliknya, ketika natal atau ultahnya saya mengirimkan kartu ucapan untuknya. Namun ketika duduk di bangku SMU, saya pindah ke rumah pribadi. Barang-barang tentangnya entah berada ditumpukan kardus yang mana ketika pindah. Alamat saya berganti, alamatnya hilang, komunikasi kamipun terputus. Saya mulai sibuk dengan kegiatan di bangku SMU lalu kemudian kegiatan kuliah. Cerita tentang dia, lambat laun terlupakan seiring dengan bertemunya saya dengan teman-teman yang baru.

Begitulah kisah saya tiga belas tahun yang lalu, tentang dia. Dan hari ini, entah kenapa saya teringat dengan sahabat saya itu. Iseng, saya search akunnya di sebuah media sosial, fesbuk. Saya ketik namanya secara lengkap, dan pencarian berhenti hanya di satu propil yang artinya tidak ada orang lain yang menggunakan nama yang sama dengannya. Ketika melihat mutual friendnya adalah teman-teman saya ketika SMP, saya menjadi sangat yakin bahwa pemilik propil tersebut adalah sahabat saya itu. Saya melihat poto yang ia gunakan di propilnya, saya sungguh terkesima, kaget. Air mata saya berlinang. Saya berkali-kali memekik menyebut nama Allah di pagi buta. Saya masih saja sangsi dengan penglihatan saya, dan berusaha menelusuri photo yang diupload di album propilnya, memastikan lagi bahwa saya tidak salah orang. Senyumnya masih saja sama, dan lesung pipi yang sama dengan 13 tahun lalu menghiasi wajah wanita di photo itu.

Katakan saya lebay dengan perasaan saya. Mungkin, kalian juga akan melakukan hal yang sama dengan saya, jika saya ilustrasikan photo yang saya temukan kurang lebih seperti berikut:

Ilustrasi

Gambar

Saya akui, saya bukan muslimah yang baik. Ketika seorang abang amat sangat berharap adeknya berubah menjadi muslimah yang sholihah, bidadari surga katanya, saya hanya bisa diam, lagi dan lagi saya hanya terhenyak tanpa bisa berdebat argumen. Rasanya, saya masih saja merangkak mengejar gelar sholihah itu.

Saya yang mengenal Allah sejak lahir, masih saja lalai, masih saja tidak patuh, masih berjalan tertatih-tatih. Sedangkan sahabat saya, yang mengenal Allah kurang dari 13 tahun, di usia yang masih sangat  muda, masih berkepala dua, sudah tegak berdiri dengan kemuslimahannya, bangga memamerkan kibaran hijabnya. Subhanallah. Sungguh saya merasa Allah menampar saya. Saya sudah diijinkan Allah mencuri start mengenalNya lebih dulu, logikanya sayalah yang harusnya lebih dekat kepada Allah, tetapi sahabat saya itu kini sudah mendahului saya. Semoga pelajaran ini bisa mencambuk kelalaian saya. Amiinn..

Alhamdulillah,
Allah memberikan saya sahabat yang kini menjadi saudara saya seiman.
Betapa indah caraMu menegur hamba 🙂

Malang, 18 Mei 2012. 13:06

Advertisements

Please, Correct Me If I'm Wrong :D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: